29.2 C
New York
Selasa, Juni 22, 2021

Buy now

TEAMWORK

SCNEWS – Team work atau kerja sama dalam sebuah organisasi atau ruang lingkup kerja adalah sebuah konsep tentang kelompok yang melakukan tugas dalam mencapai tujuan secara bersama-sama. Teamwork mampu bekerja secara kolektif dan merupakan hal yang krusial dalam berorganisasi, karena mampu membuat pekerjaan sesulit apapun menjadi lebih ringan untuk dikerjakan. Hal ini karena masing-masing anggota tim dapat bekerja saling melengkapi kekurangan dan kelebihan satu sama lain. Itulah sebabnya membangun teamwork itu penting bila perusahaan atau organisasi ingin mendapatkan hasil maksimal. Teamwork berfungsi sebagai cara untuk membuat suatu pekerjaan atau target bisa tercapai lebih cepat dan mendapatkan hasil yang baik, berkat dukungan para individu yang terlibat di dalamnya.
Mengapa teamwork itu penting ??
Teamwork mampu membuat pekerjaan atau target sesulit apapun menjadi lebih ringan untuk dikerjakan. Hal ini karena masing-masing anggota tim dapat bekerja saling melengkapi kekurangan dan kelebihan satu sama lain. Setiap individu dalam suatu perusahaan atau organisasi pasti memiliki kekuatan dan kelemahannya. Saat bekerja sendiri, kelemahan mereka bisa menghambat pencapaian target perusahaan atau organisasi. Itulah sebabnya membangun teamwork itu penting bila perusahaan atau organisasi ingin mendapatkan hasil maksimal. Sebab dengan teamwork, semua kelemahan yang dimiliki masing-masing individu bisa dilengkapi oleh kelebihan yang dimiliki individu lainnya. Selain itu, tidak mungkin seseorang dapat mengerjakan semua pekerjaan sekaligus. Ada orang yang lebih ahli mengurus keuangan, ada juga mereka yang memiliki skill di bidang komunikasi, atau juga orang-orang yang memiliki kemampuan persuasif tinggi, sehingga cocok untuk memasarkan barang dan jasa. Dengan memaksimalkan potensi masing-masing orang, maka pekerjaan atau target pun dapat lebih cepat selesai dengan hasil yang baik. Itulah sebabnya membangun teamwork itu penting dilakukan. Tak hanya itu, teamwork juga dapat membuat perusahaan atau organisasi memiliki sistem atau alur kerja yang lebih rapi dan terorganisir, juga dapat menciptakan rasa kebersamaan dan rasa memiliki terhadap perusahaan atau organisasi
Cara membangun teamwork yang baik
Jika kita sudah memahami pentingnya membangun teamwork yang baik, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana cara membangun teamwork yang solid agar setiap karyawan  / anggota dapat bekerja sama mewujudkan goal perusahaan atau organisasi.
Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan visi misi, perusahaan atau organisasi sebagai tujuan, bukan  hanya dianggap sebagai “formalitas” atau buku pegangan perusahaan atau organisasi saja. Visi misi harus disusun dengan baik, untuk merumuskan tujuan perusahaan atau organisasi , dan membuat karyawan /anggota mengerti ke mana “arah” perusahaan atau organisasi. Dengan begitu, karyawan / anggota dapat ikut berpartisipasi secara maksimal untuk mewujudkan tujuan perusahaan atau organisasi.
Langkah selanjutnya dari mewujudkan visi misi adalah dengan membuat sistem kerja serta aturan yang jelas. Hal ini penting agar fungsi kerja setiap bagian tidak ada yang overlapping alias tumpang tindih. Untuk memahami kekuatan tim, harus diidentifikasi kelebihan dan kelemahan setiap karyawan/anggota. Ini adalah langkah yang sangat penting agar dapat menempatkan orang-orang yang tepat sesuai skill-nya masing-masing. Dengan begitu, tak ada kasus di mana orang yang tak memiliki kapabilitas menduduki posisi yang salah.
Komitmen dan Konsisten
Untuk menciptakan suasana bekerja yang kondusif sekaligus menciptakan teamwork yang baik, semua yang dalam teamwork harus menaati peraturan dan sistem yang telah dibuat, baik itu pimpinan maupun anggota tim. Untuk seorang pemimpin, memberi contoh dengan perbuatan akan memiliki dampak yang jauh lebih efektif dibandingan jika hanya membuat peraturan yang menegaskannya lewat lisan.
Dalam teamwork juga harus diciptakan suasana di mana semuanya bisa merasa leluasa meyampaikan ide dan gagasannya. Mungkin ini sesuatu yang tidak mudah. Karena sering kali anggota tim, merasa takut akan medapatkan konsekuesi apabila menyampaikan ide, saran, atau kritik. Tapi jika ingin memiliki pondasi teamwork yang kokoh, mulailah ciptakan suasana kerja di mana karyawan / anggota bisa meyampaikan ide gagasannya tanpa beban.
Untuk membentuk teamwork  yang kuat, cara terbaik adalah menanamkan kebersamaan,  melalui kegiatan yang seru dan santai, seperti team building, acara camping, atau kegiatan gathering lainnya. Itulah sebabnya dalam beberapa tahun terakhir, banyak perusahaan atau organisasi mengadakan acara team building di lokasi-lokasi wisata. Tujuannya, selain untuk meredakan stress akibat pekerjaan, juga agar suasana santai seperti itu bisa mejadi ice-breaker yang mendekatkan karyawan /anggota satu sama lain.
Kunci utama lainnya yang tak kalah penting dalam membangun teamwork adalah dengan menanamkan rasa memilik. Hal ini dapat dibentuk dengan melibatkan karyawan / anggota dalam setiap pengambilan kebijakan yang diambi. Meskipun pada akhirnya pihak manajemen yang berperan sebagai decision maker, tetapi setidaknya setiap karyawan /anggota memiliki hak yang sama untuk menyuarakan pendapatnya.
Hal penting lainnya agar teamwork kokoh adalah tidak ada anak emas baik perseorangan maupun departemen / divisi tertentu. Sehingga tidak menimbulkan rumah dalam rumah. Karyawan / anggota harus dapat merasa bahwa pihak manajemen bersikap adil dan objektif terhadap semua. Dengan begitu, mereka pun dapat menaruh respek dan dengan senang hati bekerja secara maksimal tanpa adanya intrik di antara karyawan / anggota.
Kemampuan untuk bekerja di dalam tim adalah salah satu soft skill yang menunjang keberhasilan karyawan / anggota saat bekerja, untuk mengimbangi hard skills. Salah satu soft skill adalah kemampuan untuk bisa berkomunikasi, mendengarkan, dan mengeksekusi pekerjaan secara terkoordinasi.
Beberapa hal efektif bisa dilakukan dengan adanya teamwork :
  1. Bekerja lebih efektif
  2. Mendapat lebih banyak ide
  3. Saling mengandalkan satu sama lain
Apa Saja Skill Teamwork yang Harus Dikuasai?
  1. Komunikasi dalam tim
  2. Tanggung jawab
  3. Kejujuran antar rekan kerja
  4. Mendengarkan dengan baik
  5. Empati terhadap anggota tim
  6. Kolaborasi ide

DhyRozz ❤🌹

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,044FansSuka
2,827PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles