WANITA SHOLEHA DAN BIDADARI SURGA

WANITA SHOLEHA DAN BIDADARI SURGA

“Saking asyiknya saya menguraikan sosok “wanita sholehah dan bidadari surgaku” yang jadi idaman lelaki dan juga sebaliknya sosok “lelaki ideal” yang jadi dambaan perempuan, karena hanyut terbawa lirik, irama dan video clip lagu tersebut, sampai lagu itu berakhir baru saya tersadar bahwa “dalam dunia nyata, kita hampir mustahil menemukan sosok sempurna seperti itu, karena semua wanita mempunyai kekurangan dan diri kita lelakipun juga mempunyai kekuarangan, artinya tidak ada sosok wanita yang sempurna dan juga tidak ada sosok lelaki yang sempurna”.

(Syaifudin)

SCNEWS.ID-BANJARMASIN. Sahabat secangkir kopi seribu inspirasi, terkadang ada saat mengasah naluri jiwa dengan mendengarkan lagu dan menyimak  liryknya, alunan suara, music dan liryk yang mampu membawa fikiran dan jiwa kita pada suatu kenangan indah dan terkadang pula tersirat tersurat didalamnya cita dan harapan serta doa kita dalam hidup ini. Apapun itu yang tersurat  dalam liryk dan merdunya music serta suara penyanyinya telah membawa kehalusan jiwa kita mampu melayang dan meresapi makna kehidupan romantic, arus perasaan dan bahkan spiritual diri kita.

Sahabat ! Tentu ada subjektivitas dari kita dalam memahami dan memaknai lagu tersebut, namun bagi saya dari sekian lagu-lagu yang mampu menggugah jiwa saya adalah kalau bertemakan perempuan idaman, seperti “wanita sholeha” dari genre dangdutnya Rhoma Irama dan “bidadari surga” genre pop qasidah dari Syakir Daulay”.  Kedua lagu ini  menarik perhatian saya karena didalamnya terkandung makna “kedamaian masa kini” dan “kesejukan masa yang akan datang”.

Sahabat ! lelaki mana yang tidak menginginkan wanita sholehah ? saya punya keyakinan semua lelaki menginginkan wanita sholehah yang menjadi pendamping hidupnya, karena di sosok sholehah tergambar adanya kesetiaan pada pasangan dan rumahtangganya, pandai merawat diri dan pribadinya, keanggunan dalam penampilan,  kelembutan dalam bertutur kata, pengabdian total pada pasangannya, mampu membangkitkan semangat, menghibur disaat susah, berbagi kebahagiaan dan seterusnya yang menggambarkan sosok wanita yang sangat ideal dalam kehidupan rumah tangga.

Sahabat ! kalau sosok wanita sholehah telah ditemukan pada pasangannya atau calon pasangannya (bagi yang belum menikah), maka sosok wanita itupun menjadi sangat ideal untuk pendamping di kehidupan yang abadi kelak, sehingga ia disebut atau diproyeksikan sebagai “bidadari syurgaku” atau sosok yang kita inginkan kelak akan menjadi teman abadi kita disyurgaNya Allah.

Sahabat ! gambaran sosok wanita sholehah dan akan menjadi bidadari syurgaku tersebut tentu semua harapan dan doa dalam dunia yang  ideal, dan sering secara “argumentum acontrario” sosok wanita yang seperti ini juga akan mendambakan suami atau calon suami yang sempurna pula, yaitu sosok yang bisa menjadi imam dan membahagiakan hidupnya secara lahir dan batin, lelaki yang Tangguh dan bertanggungjawab, mampu menyediakan fasilitas hidupnya, mampu membiayai kebutuhan dalam merawat dirinya, mampu menerbangkan dia untuk berwisata ketempat manapun  yang ia kehendaki, mampu membangunkan “istana” rumah tinggalnya, mampu menyayanginya dengan sepenuh hati (bukan mendua hati) dan seterusnya.

Sahabat ! saking asyiknya saya menguraikan sosok “wanita sholehah dan bidadari surgaku” yang jadi idaman lelaki dan juga sebaliknya sosok “lelaki ideal” yang jadi dambaan perempuan, karena hanyut terbawa lirik, irama dan video clip lagu tersebut, sampai lagu itu berakhir baru saya tersadar bahwa “dalam dunia nyata, kita hampir mustahil menemukan sosok sempurna seperti itu, karena semua wanita mempunyai kekurangan dan diri kita lelakipun juga mempunyai kekuarangan, artinya tidak ada sosok wanita yang sempurna dan juga tidak ada sosok lelaki yang sempurna.

Sahabat ! menyadari ketidaksempurnaan itulah maka, saya memaknai sosok wanita sholehah dan bidadari surgaku” itu, sebagai sosok wanita yang mau berproses menuju kesempurnaan yang titik-titik derajat sebatas  mampu “mendamaikan hati” dan selalu berusaha menjadi orang baik dan menebar kebaikan. Sebaliknya sebagaimana juga bagi kita lelaki berusaha membawa perempuan kepada kedamaian hidup dalam membahagiakannya, dan terus belajar dan berbuat menjadi orang baik dan yang terbaik untuk pasangan kita, bidadari kita yang tidak hanya kita temukan disyurgaNya keelak, tapi  sudah kita rasakan keberadaannya disamping kita di alam dunia ini dan sekarang ini.

Salam secangkir kopi seribu inspirasi.

Terbaru

spot_img

Related Stories

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini