INSPIRASI DARI “OMONG KOSONG” (SERI OPINI IBG DHARMA PUTRA)

INSPIRASI DARI “OMONG KOSONG”

Oleh : IBG Dharma Putra

SCNEWS.ID-BANJARMASIN. Tulisan dimulai dari sebuah postingan pesan Whats App dari seorang sahabat, berbunyi, “Tidak semua orang bisa, ngomong kosong, untuk mengisi waktu“, bisa dipahami sebagai menjadikan omong kosong, enak didengarkan dan bahkan menginspirasi. Merupakan jenis obrolan, sangat sulit terwujud tapi sekaligus mengingatkan akan cita cita menulis serupa omong kosong, yang sudah dimiliki sejak mulai ingin belajar menulis.

Berharap bisa menuliskan sebuah tulisan serupa dengan mimpi para pembual tentang omong kosongnya itu. Mimpi mempunyai daya mampu untuk menyayikan tulisan misterius, tulisan panjang disertai ruwet, karena harus dibaca berulang untuk bisa dipahami tetapi tetap ingin dibaca dan setelah dipahami ternyata secara spontan, bisa menginspirasi.

Tulisan semacam itu, mungkin bisa dinamakan sebagai tulisan mimpi, merupakan kehendak hati yang tidak melibatkan akal sehingga ada kesan misteri, bisa dipahami secara misterius dan menimbulkan kecanduan. Disebut tulisan mimpi karena tak pernah ada dan tidak akan pernah terwujud seperti itu. Tulisan seperti mantra, yang menjadi penyembuh bagi setiap pembacanya adalah sebuah utopia setengah khayal, tapi boleh tetap dijadikan impian.

Celakanya, ada keyakinan bahwa setiap yang bisa diimpikan akan bisa diwujudkan, sehingga diperkirakan tulisan mimpi akan tercipta tetapi susah paripurna dan sempurna. Itulah disebut sebagai tulisan yang menginspirasi, yang tidak membuat pembacanya hanya bisa meniru tapi menjadikan pembaca jauh lebih unggul dari penulisnya.

Sebuah tulisan yang tidak hitam putih berisi petunjuk, memaparkan gagasan, konsep dan ide, tetapi tulisan sebarangan yang dipenuhi guyon, tak berkaidah bahkan seolah tanpa benang merah yang jelas tetapi bisa mengalir indah, enak dibaca dan sangat mencerahkan.
Tulisan mirip doa, ditulis serta dibaca sesuai bahasa aslinya di kitab suci, tidak sepenuhnya dimengerti tapi membuat tenang dan merasa menyatu pada illahi. Bukankah banyak lagu, yang membuat haru walaupun artinya kita tak tahu.

Kandungan misteri ( keruwetan ) secara ruwet ( misterius ) masuk dalam area tertentu di otak pembaca, bukan karena logika tetapi karena kharisma tulisannya. Memang menjadi mimpi setengah gila tapi bukan tak mungkin dicapai. Kesulitan mewujudkan tulisan begini karena berbagai penyebab yang masih misteri. Bagaimana menuntaskan misteri jika yang diketahui saja belum tentu bisa diselesaikan secara murni.

Pada ujung akhir pengembaraan misteri, ternyata ada titik terang dalam hati hingga bisa ditemukan tulisan yang serupa dengan tulisan mimpi dan ternyata bukan mimpi tapi menjadi impian semua makhluk yang mengisi bumi ini. Tulisannya menjadi bukan mimpi lagi, sehingga tak lagi layak disebut tulisan mimpi, karena walaupun dipenuhi misteri serta sulit dipahami, tulisan itu asli serta bukan mimpi, bahkan menjadi impian setiap insan di bumi ini. Tulisan penuh arti dan amat menginspirasi hanya bisa ditulis karena keberadaan para nabi, berupa kitab suci.

Tulisan mimpi adalah mimpi kita karena tidak mungkin dari kita, tetapi tenyata memang ada.

Banjarmasin
15122022

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini