SUMMER DI KOTA MANCHESTER (CATATAN PERJALANAN IBNU SINA)

Summer di Kota Manchester – Inggris.

Oleh : Ibnu Sina*

SCNEWS.ID-INGGRIS. Sabtu, 3 Juni 2023 tiba di kawasan Old Wellington Exchange Square Kota Manchester cuaca sangat terik sehingga saya harus pakai kacamata hitam untuk meredam silau. Tapi menariknya suhu sangat bersahabat, sepoi-sepoi di 16-18° Celsius sehingga warga masyarakat ramai duduk di taman, ngopi di pinggir jalan serta bercengkerama dengan pakaian terbuka. Yah wajar saja mereka bergembira karena menunggu 9 bulan untuk dapat matahari seperti ini. Itulah tradisi summer atau musim panas di Inggris Raya. This is Manchester, We do things differently here.
Disinilah markas dua klub sepak bola raksasa Eropa, yaitu Manchester United dan Manchester City di kota seluas 115,65 km2.

Sesaat setelah makan siang kami sengaja jalan kaki menyusuri kawasan2 kota dan tiba di National Football Museum dan kembali ke hotel The James dan ramai musiknya sepanjang jalan. Waktu di handphone sudah menunjukkan jam 20.00 tapi jendela kamar masih terang benderang. Kalau di Banjarmasin ini sudah saatnya sholat isya yah, tapi ini maghrib pun belooom.. oh ternyata maghrib disini jam 21.18 (hah, hampir setengah 10 malaaaam baru maghrib).

Tapi ada yg menarik lagi Subuh jam 02.48 (hah, itu kan sekitar jam 3 malam di Indonesia saatnya sholat tahajud kan ?…). Yaa Allaaah.. ulun (saya)  membayangkan kalau ini Bulan Ramadhan. Dimana kaum muslimin harus berpuasa. Masya Allah, berarti imsak jam 3 dan buka puasa jam setengah 10 malam. Berarti lama puasanya 18,5 jam. Bayangkan kalau di Indonesia kita rata-rata imsak jam 5 subuh, dan magrib buka puasa jam setengah 7 sore (durasi puasa sekitar 13,5 jam atau beda 5 jam lebih lama).

Menurut catatan google saat musim panas (summer) siang lebih lama dan malam lebih pendek. Durasi puasa terlama ternyata di Greenland berada di peringkat pertama sebagai negara dengan durasi waktu puasa terlama. Pada hari pertama puasa di Greenland berlangsung selama 19 jam 35 menit. Di hari terakhir puasa berjalan selama 21 jam 42 menit. Jadi durasi malam hanya sekitar 2 jam sajah. Finlandia 21 jam, Kanada 19 jam, Lithuania 19 jam. Swedia, Inggris, Islandia 17-18 jam. Sedangkan kota-kota yang melewati puasa dengan durasi pendek adalah Buenos Aires (Argentina), Ciudad del Este (Paraguay) Cape Town (Afrika Selatan), Montevideo (Uruguay), Canberra (Australia), Puerto Montt (Chili) dan Christchurch (Selandia Baru). Muslim di tempat-tempat tersebut berpuasa selama 12 jam tiap harinya.

Sekedar kita bersyukur hidup di Indonesia..

*Walikota Banjarmasin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini